Pengaruh Ion Senama
Terhadap Kelarutan

Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari bagian materi ini diharapkan:

Apakah kalian pernah melihat kerak/endapan pada alat-alat rumah tangga seperti dalam gambar di bawah ini?

Kerak pada Ketel Air Kerak pada Saringan Panci
Kerak pada Pipa Air

Apakah penyebab timbulnya kerak pada ketel, panci dan pipa air di atas?

Apakah kalian pernah mendengar air sadah?
Air sadah adalah air yang mengandung kation penyebab kesadahan yaitu ion Ca2+ dan ion Mg2+. Adanya kerak pada ketel, panci dan pipa membuktikan bahwa air yang digunakan mengandung kesadahan yang relatif tinggi. Kesadahan air ada dua yaitu kesadahan sementara dan tetap. Sedangkan, kesadahan tetap dapat dihilangkan dengan pertukaran ion menggunakan resin dan zeolite.

Kesadahan sementara disebabkan oleh garam-garam karbonat (CO32-) dan bikarbonat (HCO3-) dari kalsium dan magnesium. Kesadahan sementara dapat dihilangkan dengan cara pemanasan dan pengendapan dengan menambahkan kapur tohor (CaO). Reaksi yang terjadi pada saat menambahkan kapur tohor ke dalam air sadah sementara yang mengandung ion Ca2+ sebagai berikut:

Ca2+ + 2 HCO3- + CaO + H2O 2 CaCO3 (s) + 2 H2O

Endapan CaCO3 kemudian dipisahkan dengan penyaringan.
Tahukah kalian…… proses menghilangkan kesadahan sementara di atas menggunakan prinsip pengaruh ion senama terhadap kelarutan. Lalu, bagaimanakah pengaruh ion senama terhadap kelarutan ?? untuk menjawabnya, lakukan praktikum berikut ini.

Sekelompok siswa sedang menyelidiki pengaruh penambahan ion senama ke dalam suatu larutan jenuh yang telah diketahui harga Ksp-nya melalui percobaan berikut ini:



1. Bagaimanakah pengaruh penambahan ion senama terhadap kelarutan berdasarkan hasil percobaan tersebut? Jelaskan dengan menggunakan prinsip Le Chatelier!
2. Hitunglah kelarutan Ca(OH)2 dalam larutan NaOH 0,1 M !


Berdiskusilah dengan kelompokmu untuk membuat hipotesis yang dapat menjawab permasalahan-permasalahan di atas.





Pada tahap ini, kalian mengumpulkan informasi yang terdapat dalam materi “Pengaruh Ion Senama Terhadap Kelarutan” (KLIK MENU MATERI). Pergunakan informasi tersebut untuk menguji apakah hipotesis kalian sudah benar atau belum. Kalian dapat bertanya kepada guru tentang konsep yang belum dipahami.

Masuk
Pembelajaran