Pretest

Petunjuk Mengerjakan Soal

A. Petunjuk Umum
1. Sebelum mengerjakan soal berdoalah terlebih dahulu.
2. Tuliskan nama, no absen, kelas dan asal sekolah pada lembar jawaban.
3. Jawaban ditulis dengan bolpoin.
4. Waktu mengerjakan soal adalah 45 menit.
B. Petunjuk Khusus
1. Soal dimaksudkan untuk mengukur ketrampilan berpikir kritis. Kerjakan soal dengan memberikan alasan dan konsep yang sistematis serta jelas.
2. Terdiri dari 10 butir soal essay dengan kriteria penilaian tiap soal:
Nilai maksimal : 4
Nilai minimal : 1
3. Kerjakan soal dengan sebaik-baiknya. Mulailah mengerjakan soal yang menurut Anda mudah terlebih dahulu.


SOAL PRETEST BERPIKIR KRITIS

1. Pada saat berwisata ke gua kapur, kalian akan menjumpai keindahan stalaktit dan stalakmit yang tersusun dari Kalsium Karbonat (CaCO3).



Gambar 1. Stalaktit dan Stalakmit

Garam CaCO3 sukar larut dalam air, ion-ionnya mengalami reaksi kesetimbangan:

CaCO3 (s) Ca2+ (aq) + CO32- (aq)

Berapapun banyaknya zat yang dilarutkan, konsentrasi ion-ion tetap konstan, karena secara bersamaan terjadi proses disosiasi padatan CaCO3 menjadi ion Ca2+(aq) dan CO32-(aq) dan proses terbentuknya kembali padatan CaCO3. Kondisi ini disebut kesetimbangan dinamis.
Berdasarkan paragraf di atas, informasi apa yang Anda temukan? Rumuskan dalam bentuk pertanyaan.
2. Seorang siswa menambahkan Amonium Klorida (NH4Cl) padat ke dalam suatu gelas beker yang berisi Mg(OH)2 padat yang bercampur dengan air sehingga terjadi reaksi:

Mg(OH)2 (s) + NH4Cl(aq) MgCl2(aq) + NH4OH(aq)

Penambahan NH4Cl padat yang mudah larut dalam air menyebabkan konsentrasi reaktan bertambah, sehingga kesetimbangan reaksi bergeser ke kanan. dan mengakibatkan Mg(OH)2 larut.
Berdasarkan kegiatan tersebut, Apa yang Anda temukan? Rumuskan dalam bentuk pertanyaan.
3. Suatu Larutan Kalsium Florida (CaF2) berada dalam kesetimbangan dinamis seperti dalam Gambar 1.


Gambar 1. Representasi Mikroskopik Larutan CaF2 dalam Kesetimbangan Dinamis

Larutan yang berada dalam kesetimbangan dinamis disebut dengan larutan jenuh. Benarkah pernyataan tersebut? berikan alasannya.
4. Diketahui Ksp garam NiCO3 dan AgCl masing-masing sebesar 1,3.10-7 dan 1,8.10-10. Maka, larutan NiCO3 lebih mudah larut dalam air dibandingkan larutan AgCl. Benarkah pernyataan tersebut? Berikan alasannya.
5. Barium Sulfat digunakan untuk diagnosis saluran pencernaan dengan menggunakan sinar-X. Tubuh manusia mengandung sejumlah besar air. Saat pasien yang akan didiagnosis diberi makanan yang mengandung sedikit Barium Sulfat, Maka senyawa tersebut akan tampak dalam hasil sinar-X seperti dalam Gambar 2.


Gambar 2. Hasil Diagnosis dengan Sinar-X

Sehingga, dokter dapat menganalisa bagaimana kondisi saluran pencernaan pasien. Berdasarkan informasi di atas, Bagaimanakah kelarutan Barium Sulfat!
6. Seorang siswa mengamati garam-garam berikut tetapan Ksp-nya:

Garam Ksp (T=250C)
Barium Sulfat 1,1 X 10-10
Perak Sulfat 1,4 x 10-5
Barium Karbonat 5,0 x 10-9
Perak Karbonat 8,1 x 10-12

Menurut Anda, untuk mengurutkan kelarutan keempat garam di atas apa yang harus dilakukan: a) menentukan rumusan Ksp; menghitung kelarutan (s) masing-masing garam; kemudian mengurutkannya; b) mengurutkan langsung berdasarkan Ksp. Jelaskan jawaban kalian!
7. Seorang siswa mengamati garam-garam berikut tetapan Ksp-nya:

Garam Ksp (T=250C)
Stronsium Sulfat 3,2 x 10-7
Seng (II) karbonat 1,0 x 10-10
Perak Iodida 8,3 x 10-17
Kalsium Sulfat 2,4 x 10-5

Menurut Anda, untuk mengurutkan kelarutan keempat garam di atas apa yang harus dilakukan: a) menentukan rumus Ksp; menghitung kelarutan (s) masing-masing garam; kemudian mengurutkannya; b) mengurutkan langsung berdasarkan Ksp. Jelaskan jawaban kalian!
8. Garam dapur (NaCl) yang memberikan rasa asin pada makanan adalah garam yang berasal dari air laut melalui proses kristalisasi. Pada beberapa merk dagang garam dapur, masih dijumpai senyawa pengotor yaitu MgCl2 dan CaCl2. Berdasarkan prinsip pengendapan, Bagaimanakah cara memisahkan garam dapur dari MgCl2 dan CaCl2?
9. Seorang siswa mereaksikan dua larutan yang masing-masing mengandung ion Ag+ dan ion Cl- dengan konsentrasi sama yaitu 10-5 M. Bagaimanakah cara yang dapat dilakukan agar terbentuk endapan AgCl (Ksp = 1,8.10-10)
10. Sekelompok siswa melakukan percobaan di laboratorium untuk menentukan pengaruh penambahan pH larutan basa terhadap kelarutan Magnesium Hidroksida di dalam air. Didapatkan data sbb:

pH Kelarutan Mg(OH)2
9 1,5. 10-1
10 1,5. 10-3
11 1,5. 10-5
12 1,5. 10-7

Bagaimana kesimpulan Anda terhadap data pengamatan di atas?